HOME
KEANGGOTAAN
ORGANISASI
AGENDA
GALERI
RAGAM
KONTAK
Untitled Document
ARTIKEL KESEHATAN
Kolesterol & Aterosklerosis
KOLESTEROL DAN ATEROSKLEROSIS





Untuk memahami tentang kolesterol darah yang tinggi, sebaiknya kita belajar sedikit tentang kolesterol terlebih dahulu.
Kolesterol senyawa seperti lemak di semua sel tubuh.
Tubuh kita membutuhkan kolesterol membuat dinding sel, hormon, vitamin D, dan zat yang membantu mencerna makanan. Tubuh kita memproduksi semua kolesterol yang kita butuhkan. Namun, kolesterol juga ditemukan di beberapa makanan.

Kolesterol beredar dalam aliran darah Anda dalam paket kecil yang disebut lipoprotein. Paket-paket ini tersuusn dari lemak (lipid) di bagian dalam dan protein di bagian luarnya.
Ada dua jenis lipoprotein yang membawa kolesterol ke seluruh tubuh kita: low-density lipoprotein (LDL) dan high density lipoprotein (HDL).

Agar tubuh sehat, penting agar kadar dari kedua jenis lipoprotein ini seimbang. Kolesterol LDL kadang disebut kolesterol "buruk", Karena bila kadarnya tinggi menyebabkan penumpukan kolesterol dalam arteri (pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh)
Kolesterol HDL kadang disebut kolesterol "baik", karena membawa kolesterol dari bagian lain dari tubuh kembali ke liver. Liver kemmudian menghilangkan kolesterol dari tubuh kita.


Apa Maksudnya Kolesterol Darah Tinggi ?

Kolesterol darah tinggi adalah suatu kondisi di mana kita memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah, biasanya tidak memiliki tanda-tanda atau gejala, sehingga, banyak orang tidak tahu bahwa kadar kolesterol mereka terlalu tinggi.
Orang yang memiliki kolesterol darah tinggi memiliki resiko lebih besar untuk terkena penyakit jantung koroner, yang juga disebut penyakit arteri koroner. (istilah "penyakit jantung" mengacu pada penyakit jantung koroner.)

Semakin tinggi tingkat kolesterol LDL dalam darah Anda, semakin tinggi pula resiko untuk mendapatkan penyakit jantung. Semakin tinggi tingkat kolesterol HDL dalam darah Anda, semakin rendah resiko Anda untuk mendapatkan penyakit jantung.
Penyakit jantung koroner adalah suatu kondisi di mana ada timbunan plak dalam arteri koroner. Plak terdiri dari kolesterol, lemak, kalsium, dan zat lain yang ditemukan dalam darah. Ketika plak menumpuk di arteri, kondisi ini disebut aterosklerosis

Seiring waktu, plak mengeras dan menyempitkan arteri koroner. Ini membatasi aliran darah yang kaya oksigen ke jantung.
Akhirnya, daerah plak bisa pecah, dan ini menyebabkan terbentuknya gumpalan darah pada permukaan plak. Jika bekuan menjadi cukup besar, dapat memblokir sebagian / seluruhnya aliran darah melalui arteri koroner.
Jika aliran darah yang kaya oksigen ke otot jantung berkurang atau diblokir, dapat terjadi serangan jantung / angina.
Angina adalah ketidaknyamanan / nyeri didada. Mungkin terasa seperti ada tekanan atau remasan di dada Anda. Rasa sakit juga dapat terjadi pada bahu, lengan, leher, rahang, atau punggung. Nyerinya kadang mungkin terasa seperti gangguan pencernaan.
Serangan jantung terjadi jika aliran darah yang kaya oksigen ke bagian otot jantung terputus. Jika aliran darah tidak dipulihkan dengan cepat, bagian dari otot jantung mulai mati. Tanpa pengobatan yang cepat, serangan jantung dapat menyebabkan masalah serius atau kematian.


Klasifikasi Kadar Kolesterol Darah

Kolesterol Total

Kurang dari 200
Normal

200 - 239
Batas normal- tinggi

Lebih dari 240
Tinggi



Kadar LDL (“Kolesterol Jahat”)

Kurang dari 100
Optimal

100 - 129
Mendekati optimal

130 - 159
Batas normal tertinggi

160 - 189
Tinggi

Lebih dari 190
Sangat tinggi



Kadar HDL (“Kolesterol Baik”)

Kurang dari 50 (wanita) / 40 (pria)
Normal

Lebih dari 60
Tinggi



Kadar Trigliserida

Kurang dari 150
Normal

150 - 199
Batas normal - tinggi

200 - 499
Tinggi

Sama atau lebih dari 500
Sangat tinggi






PENYUSUN

Admin



DAFTAR PUSTAKA

Video
Astra Zaneca Cardiovascular

Artikel
  1. Gordon T, Castelli WP, Hjortland MC et al. High density lipoprotein as a protective factor against coronary heart disease. The Framingham Study. Am J Med 1977;62:707–714.
  2. Wilson PW, Abbott RD, Castelli WP. High density lipoprotein cholesterol and mortality. The Framingham Heart Study. Arteriosclerosis 1988;8:737–741.
  3. Castelli WP, Garrison RJ, Wilson PW et al. Incidence of coronary heart disease and lipoprotein cholesterol levels. The Framingham Study. JAMA 1986;256:2835–2838.
  4. Goldbourt U, Yaari S, Medalie JH. Isolated low HDL cholesterol as a risk factor for coronary heart disease mortality. A 21-year follow-up of 8000 men. Arterioscler Thromb Vasc Biol 1997;17:107–113.
  5. Tanne D, Yaari S, Goldbourt U. High-density lipoprotein cholesterol and risk of ischemic stroke mortality. A 21-year follow-up of 8586 men from the Israeli Ischemic Heart Disease Study. Stroke 1997;28:83–87.